Penyakit Pada Ikan Mas Koki dan Cara Pengobatannya

Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling banyak dipelihara di aquarium. Mungkin karena ikan ini memiliki bentuk tubuh unik serta warna yang cantik. Namun sayangnya banyak orang yang mengeluhkan mengenai ikan koki yang sangat rentan terkena penyakit dan mudah sekali mati. Hal itu tidak sepenuhnya salah, ada beberap faktor yang menyebabkan kenapa ikan mas koki gampang sekali terkena penyakit. Antara lain :

Ikan mas koki termasuk salah satu ikan yang lemah

Kebersihan air pada aquarium sangat rendah, Salah satu hal yang mempengaruhi yaitu pemberian pakan yang berlebih, pemasangan filter yang kurang baik, serta jarang mengganti air aquarium. Yang mengakibatkan meningginya kandungan amoniak dalam air yang sangat berbahaya bagi ikan mas koki

Kurangnya oksigen dalam air

Pada intinya ikan mas koki yang telah sakit dan mati, Bukan sepenunya akibat dari lemahnya fisik ikan saja. Melainkan proes perawatan mas koki juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan ikan.

Salah satu cara untuk mngatasi masalah ini adalah dengan selalu menjaga kebersihan air serta selalu memantau kesehatan dari ikan. Karena penyakit ikan mas koki sendiri sangatlah banyak jenisnya dan setiap penyakit memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Untuk itu berikut ini merupakan Jenis-jenis penyakit pada ikan mas koki dan cara mengatasinya.

Penyakit Pada Ikan Mas Koki

Lernaea (Cacing Perioder)

Lernaea atau Cacing Perioder disebabkan oleh parasit yang melekat dan menusuk seperti jarum pada bagian tubuh ikan. Penyakit ini ditandai dengan munculnya luka pada bagian tubuh yang terserang, seperti pada bagian tutup insang, badan , sirip, serta mata.

Lernaea dapat disembuhkan dengan menggunakan dipterex atau sumition 50ec dengan dosis 1cc/m3 air. Selain itu anda juga dapat merendam ikan mas koki menggunakan larutan formalin dengan dosis 250 mg untuk 100 liter air selama 10 meni dalam 3 hari berturut. Rendam juga aquarium menggunakan larutan tetracyclin dengan dosis 250 mg untuk 250 liter air untuk memastikan penyakit benar-benar telah mati.

Bakteri aeromonas ( punctata )

Penyebab utama penyakit ini adalah bakteri ganas bernama aeromonas, yang membuat warna ikan menjadi kusam, kulit seperti melepuh, ikan berenang sangat lemah serta sering muncul kepermukaan air seperti kekurangan oksigen.

Penyakit jenis ini dapat sembuh dengan cara pemberian pakan yang dicampur dengan 50mg terramicine untuk setiap 1 kg pakan yang diberikan selama 7 hari berturut-turut. Namun jika ikan koki sudah terlanjur parah terserang bakteri ini, lakukan pemisahan dari ikan lain, Untuk menghindari tertularnya ikan lain oleh penyakit jenis ini.

Jamur (Saprolegniasis)

Penyakit ini biasanya muncul ketika suhu dalam aquarium rendah, yang ditandai dengan badan ikan yang seperti diselimuti kapas. Jamur mas koki sangat sering menyerang pada bagian kepala, sirip serta tutup insang.

Penyakit jenis ini dapat sembuh dengan cara merendam mas koki dalam larutan malachite dengan dosis 3 gr/m3 air selama kurang lebih 20 menit.

Baca Juga : Mengatasi kutu ikan Mas Koki dan Mas Koi

Bakteri pseudomonas

Penyakit ini disebabkan oleh Bakteri pseudomonas, yang ditandai dengan munculnya pendarahan pada kulit ikan yang mengakibatkan rusaknya sirip ikan mas koki.

Penyakit jenis ini dapat disembuhkan dengan cara pemberian pakan yang dicampur dengan 25 mg oxytetracycline untuk setiap 1 kg pakan selama 7 hari berturut-turut.

Bintik putih ( white spot )

White Spot pada ikan mas koki pada umumnya disebabkan oleh protozoa ichthyophtirius multifilis yang ganas. Yang ditandai dengan munculnya bitnik kecil berwarna putih pada sebagian atau seluruh tubuh ikan mas koki. Pada infeksi berat ikan mas koki akan merasa gatal dan sering menggosok-gosokan badannya pada dinding aquarium dan lebih sering berenang kepermukaan dangan sangat lemah.

Untuk menyembuhkan penyakit bintik putih pada ikan mas koki dapat dilakukan dengan cara merendam ikan selama 24 jam menggunakan larutan methylene blue yang telah dicampurkan dengan air (1 gram methylene Blue 1 persan dalam 100 cc air) sebanyak 2-4 cc dan kemudian dicampurkan menggunakan air sebanyak 4 liter. Untuk memastikan ikan benar-benar sembuh lakukan penyembuhan secara berulang serta bersihkan aquarium dan filternya.

Kembung pada Ikan Mas Koki

Penyakit ini terjadi akibat pemberian pakan yang berlebihan pada ikan mas koki, yang mengakibatkan ikan mas koki mengalami kesulitan dalam berenang. Ikan mas koki yang mengalami kembung akan berenang secara mengapung dengan perut terbalik.

Untuk menyembuhkan ikan koki dari kembung adalah dengan menguragi porsi makan ikan, meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama namun cara ini sangat efektif untuk kamu lakukan.

Ikan Mas Koki Berenang Terbalik

Penyakit jenis ini dapat terjadi akibat adanya infeksi bakteri, faktor genetic, kualitas air yang buruk, serta pemberian pakan berkualitas rendah. Yang menyebabkan salah satu organ dalam tubuh ikan mas koki bermasalah, yang mengakibatkan ikan berenang secara terbalik.

Penyakit jenis ini sangat sulit untuk disembuhkan. Untuk itu jaga selalu kualitas air dalam aquarium untuk menghindari ikan mas koki terkena peyakit ini.

Demikianlah ulasan mengenai Penyakit Pada Ikan Mas Koki dan Cara Pengobatannya. Semoga anda bisa lebih memahami Jenis Penyakit Pada Ikan Mas Koki dan Cara Pengobatannya dengan baik dan benar. Semoga Bermanfaat.

Bagikan

Tinggalkan komentar