2 Cara Menghilangkan Bau Semen pada Kolam Beton

Menghilangkan Bau Semen Kolam Beton – Kolam merupakan salah satu komponen penting dalam budidaya ikan. Pada umumnya ada tiga jenis kolam yang digunakan untuk membudidaya ikan, yaitu kolam tanah, kolam terpal serta kolam tembok atau beton. Dari ke-3 jenis kolam tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Kolam terpal memiliki kelebihan mudah dalam pembuatan, namun memiliki daya tahan yang sangat lemah sehingga tidak dapat berfungsi dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan kolam tanah terkenal memiliki kelebihan mudah dan murah, namun saat musim kemarau pembudidaya akan kesulitan untuk mengisi kolam dengan air. Kemudian kolam tembok memiliki keunggulan daya tahan yang lama namun memiliki kekuragan pada biaya yang mahal serta proses pembuatan yang tidak mudah.

Baca Juga : Cara Cepat Menghijaukan Air Kolam Budidaya Ikan

Dari ketiga jenis kolam tersebut, salah satu yang paling populer adalah kolam tembok / beton, Alasannya tidak lain adalah daya tahan yang lama serta kuat. Namun perlu diperhatikan saat akan memulai budidaya ikan menggunakan kolam jenis ini, Karena pada kolam yang masih baru kandungan zat kimia dari semen masih menempel pada dinding kolam. Zat kimia tersebut dapat mengganggu pertumbuhan ikan bahkan dapat membunuh ikan lele dalam kolam. Untuk itu lakukan pembersian terlebih dahulu sebelum ikan masuk kedalam kolam.

Menghilangkan Bau Semen Kolam Beton

Pada umumnya pembudidaya lama menggunakan cara merendam kolam menggunakan air selama 4-6 bulan untuk mensterilkan bau semen dalam kolam. Namun untuk saat ini cara tersebut kurang efektif untuk diterapkan, karena membutuhkan waktu yang lama. Karena itu berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat membantu untuk menghilangkan bau semen pada kolam secara efektif dan efisien.

Cara 1

  1. Pastikan kolam beton benar-benar kering dan keras.
  2. Rendam kolam dengan air secara penuh
  3. Kuras kolam dan isi kembali setiap 3 hari sekali
  4. Lakukan secara berulang selama 9 hari (3 kali pengurasan )

Cara 2

  1. Pastikan kolam beton benar-benar kering dan keras.
  2. Sediakan irisan batang pisang (usahakan menggunakan batang pisang raja).
  3. Kemudaian gosokan batang pisang secara merata pada didinding kolam.
  4. Isi kolam dengan air secara penuh dan biarkan kolam selama 3 hari.
  5. Kuras air dalam kolam dan lakukan penggosaokan kembali menggunakan batang pisang.
  6. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan penggosokan setidaknya sebanyak 2-3 kali untuk memastikan kolam benar-benar bersih.

Baca Juga : pH Air yang Baik Untuk Ikan Budidaya

Sebelum kolam digunakan, sikat terlebih dahulu dinding kolam secara bersih untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada dinding kolam. Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menghilangkan Bau Semen pada Kolam Beton. Semoga Bermanfaat.

Bagikan

Tinggalkan komentar