Mengenal Media Filter Kaldnes K1 dan Fungsinya

Salah satu komponen penting dalam memelihara ikan hias adalah kualitas air pada aquarium. Dalam hal ini media filter biologis cukup berperan penting untuk menjaga kualitas air dalam keadaan baik. Media filter biologis sendiri memiliki banyak sekali jenis, salah satunya yaitu media filter kaldnes K1.

Kaldnes K1 adalah salah satu jenis dari filter biologis yang berfungsi sebagai media dalam proses nitrifikasi, atau peroses penguraian amonia (kotoran ikan) menjadi nitrit dan nitrit menjadi nitrat. Hal ini di perlukan karena amonia merupakan senyawa yang cukup berbahaya bagi ikan. Sedangkan nitrat merupakan senyawa yang aman bagi ikan bahkan merupakan salah satu unsur yang di butuhkan tanaman.

Perbedaan Kaldnes K1 dengan Media Biologis lainya

Kaldnes K1 merupakan filter MBBR atau Moving Bed Biological Reactor, yang di rancang untuk selalu bergerak bebas pada ruang filterasi. Hal ini menyebabkan terjadinya gesekan antara kaldnes satu dengan lainnya, yang membuat media dapat membersihkan dirinya sendiri. Selain itu gesekan tersebut juga dapat membantu meremajakan koloni bakteri dalam media. Dengan melepas bakteri mati dan memberikan ruang untuk tempat bakteri baru tumbuh.

Baca Juga : Manfaat Batu Ziolit dalam Filterasi Aquarium

Kelebihan Menggunakan Kaldnes K1

Salah satu kelebihan yang dimiliki media kaldnes k1 adalah minim akan perawatan. Selain itu ada beberapa kelebihan lain yang di miliki media filter ini, antara lain :

  • Memiliki Surface area yang cukup luas, yaitu sekitar 800m2/liter. Angka ini jauh lebih baik di bandingkan media filter biologis lainya seperti bioball ataupun ceramic ring.
  • Karena membutuhkan aerator untuk membantunya bergerak, sehingga akan meningkatkan proses nitifikasi bakteri dan menciptakan lingkungan yang kaya oksigen.
  • Sangat baik sebagai media tubuhnya bakteri nitrosomonas dan nitrobacter yang berfungsi dalam proses nitogen cycle.
  • Dapat di gunakan untuk media filter mekanik ataupun biologis.
  • Kaldnes merupakan media filter yang minim perawatan, karena dia dapat membersihkan dirinya sendiri.

Penerapan Kaldnes K1 pada filter aquarium

 Kaldes pada filter aquarium

Media filter Kaldnes K1 sendiri dapat di tempatkan di dalam aquarium ataupun di luar aquarium. Jika di tempatkan di luar aquarium, media dapat di taruh pada chamber pertama ataupun kedua dengan bantun aerator untuk membantunya berputar.

Sedangkan untuk penempatan di dalam aquarium, kaldnes memerlukan suatu wadah sebagai tempat mereka bergerak. Wadahnya sendiri sudah ada yang jual dan dapat di beli atau kamu dapat membuatnya sendiri menggunakan botol plastik ataupun toples. Cara kerjanya adalah dengan menempatkan wadah tersebut kedalam aquarium dan menghubungkanya dengan selang aerator atau dapat juga di sambungkan dengan pipa keluarnya air dari filter.

Kenapa Kaldnes Tidak Berputar ?

Kaldnes k1 sendiri terbuat dari bahan semacan plastik yang memiliki bobot sangat ringan, sehinga akan mengapung saat di masukan kedalam air. Hal ini lah yang membuat beberapa orang yang baru menggunakan media filter jenis ini menjadi kebingungan, karena kaldnes k1 mereka tidak mau berputar bahkan dengan bantuan aerator.

Hal tersebut terjadi karena kaldnes k1 mereka belum di tumbuhi oleh bakteri, sehingga memiliki bobot yang sangat ringan dan tidak mau berputar. Untuk mengatasinya kamu hanya perlu menunggu hingga kaldnes di tumbuhi bakteri, dan membuat bobotnya menjadi sedikit berat.

Baca Juga : Fungsi dan Cara Kerja Filter Canister

Salah satu ciri jika kaldnes telah di tumbuhi bakteri adalah berubahnya warna kaldnes yang tadinya putih menjadi kekuningan. Dan jika hal ini terjadi, maka kaldnes akan sedikit-sedikit mulai bergerak dan mampu membersihkan dirinya sendiri.

Bagikan

Tinggalkan komentar