Mencerahkan Warna Ikan Cupang Menjadi lebih Cantik

Mencerahkan Warna Ikan Cupang – Salah satu daya tarik dari ikan cupang adalah keindahan warna serta keunikan bentuk tubuhnya. Maka tidak heran jika ikan yang memiliki nama latin beta sp Ini memiliki cukup banyak penggemar di Indonesia. Namun tahukan kamu, bahwa ternyata warna pada ikan cupang dapat mengalami pemudaran. Biasanya hal tersebut terjadi akibat kesalahan dalam perawatan ataupun pemberian makanan dengan kualitas yang rendah.

Kecerahan dan ketajaman warna pada ikan sendiri dapat terpengaruh oleh beberapa faktor, seperti faktor keturunan, perawatan, jenis makanan, tingkat stres, ataupun kualitas air. Lalu bagaimanakah cara untuk mengembalikan kecerahkan warna ikan cupang menjadi lebih cantik ?.

Ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dalam perawatan ikan cupang, salah satunya adalah jenis makanan. Karena kualitas makanan pada ikan cupang sangatlah berpengaruh pada kesehatan serta ketajaman warna dari ikan itu sendiri. Ada beberapa jenis makanan yang memiliki kualitas yang baik dan mampu membantu dalam mempertajan warna pada ikan cupang, antara lain:

  • Kutu Air, banyak orang yang percaya kutu air dapat membuat warna pada ikan cupang menjadi lebih cerah serta membuat tubuh ikan menjadi ramping dan tidak buncit.
  • Spirulina, Spirulina merupakan sejenis Cyanobacteria yang biasanya tumbuh pada tempat yang cukup ekstrim dan mempunyai kandungan gizi yang tinggi sehingga sangat baik untuk pakan ikan cupang.
  • Udang, Ikan cupang yang makananya berupa udang dipercaya akan membuat warna tubuhnya menjadi lebih cerah serta tajam. Biasa jenis udang yang diberikan pada cupang adalah jenis udang kering berukuran kecil ataupun udang kecil yang masih hidup.

Mencerahkan Warna Ikan Cupang

Pada dasarnya untuk mendapatkan ikan cupang yang sehat dan memiliki warna yang cerah, hal yang harus perhatikan adalah menjaga keersihan air pada akuarim. Caranya adalah dengan melakukan penggantian air secara rutin sebanyak 3-5 hari sekali serta pemberian daun ketapang guna menjaga kestabilan ph air. Kemudian untuk dapat mencerahkan kembali warna cupang yang mengalami pemudaran atau ingin lebih mempertajam warna ikan cupang, caranya adalah berikut ini :

  1. Siapkan wadah yang telah terisi air bersih, kemudian beri sedikit air daun ketapang yang bertujuan untuk menetralisir pH air.
  2. Selanjutnya siapkan daun jati yang telah kering dan cuci hingga bersih.
  3. kemudian masukan daun jati tersebut kedalam wadah, lalu beri sedikit garam ikan.
  4. Pada tahap ini ikan sudah dapat masukan kedalam wadah tersebut untuk menjalani karantina. Proses karantina biasanya memakan waktu 2-3 hari.
  5. Jangan lupa untuk menaruh wadah karantina pada tempat yang gelap serta beri makan cupang secara rutin.
  6. Setelah proses karantina selesai, segera pindahkan cupang pada wadah yang berisi air bersih. Kemudian lakukan penjemuran selama 10-15 menit dibawah sinar matahari pagi.

Baca Juga : 4 Perbedaan cupang hias dan cupang adu

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Membuat Warna Ikan Cupang lebih Indah dan Cantik. Semoga anda bisa lebih memahami cara untuk mencerahkan dan mempertajam warna ikan cupang dengan baik dan benar. Semoga Bermanfaat.

Bagikan

Tinggalkan komentar