Mengenal Lebih Dekat Ikan Lele Dumbo

Ikan lele dumbo atau disebut juga mudfis, african catfish, giant clarias, serta magur. merupakan ikan lele yang berasal dari perairan afrika yang termasuk ikan omnivora. Lele jenis ini memiliki laju pertumbuhan yang cepat, tahan terhadap penyakit, mudah menyesuakian lingkungan, serta memiliki kualitas daging yang baik. Karena itu ikan lele jenis ini merupakan ikan yang memiliki potensi tinggi untuk dibudidayakan.

Asal Usul Lele Dumbo

Lele dumbo memiliki riwayat panjang sebelum menjadi komoditas budidaya. Pada tahun 1950an lele ini mulai didomestikkan hingga puncaknya pada tahun 1970 lele jenis ini menjadi komoditas yang populer dimasyarakat afrika utara. Karena masih mengandalkan tangkapan alam, membuat ketersediaan benih lele menjadi terkendala. Namun pada tahun 1980 beberapa negara seperti Belgia, Belanda, Nigeria, serta afrika utara melakukan riset intensif untuk melakukan budidaya lele dumbo.

Diperkirakan ikan lele dumbo masuk pertama kali ke Indonesia pada tahun 1986. Awalnya banyak masyarakat yang masih mengaggap rasa dari ikan lele ini tidak senak dibandingkan dengan lele lokal. Namun lambat laun masyarakat mulai menerima kehadiran lele yang berasal dari afrika ini dengan berbagai kelebiahnnya.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Ikan Lele (Clarias sp)

Selain itu permintaan benih pun terus mengalami peningkatan, yang membuat kualitas dari lele dumbo itu sendiri menjadi menurun. Hal tersebut terjadi karena memejemen induk yang salah, sehingga terjadi perkawinan sekerabat atau inbreeding. Kesalahan tersebut membuat kualitas benih lele menjadi menurun, sehingga mengakibatkan laju penetasan rendah, laju pertumbuhan lambat, mudah terserang penyakit, serta variasi pertumbuhan menjadi relatif tinggi.

Klasifikasi Lele Dumbo

KingdomAnimalia
PhylumChordata
KelasPisces
SubkelasTeleostei
OrdoOstariophysi
SubordoSilorodae
FamilyClaridae
GenusClarias
SpesiesClarias gariepinus

Morfologi Lele Dumbo

morfologi lele dumbo
Gambar : salibahtiyar.tr.gg

Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) memiliki kulit licin dan berlendir, serta tidak memiliki sisik sama sekali. Warna tubuhnya saat terkena sinar matahari langsung akan berubah menjadi loreng mozaik hitam putih. Lele ini juga memiliki ukuran mulut yag relatif lebar yaitu seperempat dari panjang tubuhnya. Selain itu pada bagian sekitar mulutnya juga terdapat kumis sebanyak 8 buah, yang berfungsi sebagai alat peraba untuk mencari makanan.

Ikan lele dumbo memiliki bentuk badan memanjang dengan kepala berbentuk gepeng dan bertulang sangat keras. Sirip pada lele jenis ini terdiri dari 3 sirip tunggal (sirip punggng, sirip dubur, serta sirip ekor) serta 2 sirip berpasangan (sirip perut serta sirip dada). Sirip-sirip dorsal dan analnya memeliki bentuk memanjang hingga batang ekor, sedangkan pada sirip pektoral terdapat patil yang tidak beracun.

Ikan lele dumbo juga memiliki alat pernafasan tambahan bernama arborescent organ yang berbentuk seperti bunga kol. Oran ini terletap pada bagian kepala dan berfungsi sebagai alat untuk menagkap oksigen pada udara bebas. Organ tambahan tersebut ditopang oleh tulang rawan serta tertutup jaringan vaskular yang menempel pada akhir lengkung insang yang ke 4. Organ inilah yang membuat ikan ini memiliki kemampuan bertahan pada perairan dengan kadar oksigen rendah.

Keunggulan Ikan Lele Dumbo

  1. Memiliki pertumbuhan yang cepat. Dimana dalam waktu 24 minggu berat tubuh ikan mampu mencapai 180-200 gram, sedangkan ikan lele lokal dalam waktu 25 minggu berat tubuhnya hanya mampu mencapai 40-50 gram saja.
  2. Jumlah telur yang dihasilkan lebih banyak. yaitu mampu mengasilkan 8000-10.000 butir telur/kg dari induk lele, sedangkan lele lokal hanya mampu mengasilkan telur sebanyak 1000-4000 butir/kg induk lele saja.
  3. Presentase penetasan telur yang cukup tinggi yaitu mencapai 80%.
  4. Mudah dalam pemberian pakan, Ikan lele jenis ini terkenal akan kerakusannya (pemakan segalanya). selain dapat diberi pakan berupa pelet, Meskipun tidak dianjurkan ikan ini juga dapat diberi pakan berupa kotoran ayam ataupun bangkai hewan lainnya.

Habitat Ikan Lele Dumbo

Pada dasarnya ikan lele dumbo dapat hidup pada semua perairan air tawar. seperti rawa-rawa, sungai yang tenang, danau, bahkan juga mampu hidup pada got-got yang memiliki kualitas air yang buruk. Selain itu ikan lele jenis ini sangat idial hidup pada air dengan kandungan pH 6,5-9 dengan suhu 27-30 drajat celcius. Dimana suhu air pada habitat hidupnya sangat mempengaruhi laju pertumbuhan, nafsu makan ikan, laju metabolisme, serta kelarutan oksigen didalam air.

Meskipun dapat hidup diberbagai tempat, namun ikan lele ini sangat cocok hidup pada daerah dataran rendah sampai perbukitan yang tidak terlalu tinggi. Karena jika suhu pada derah tempat tinggal lele rendah, maka dapat menggangu proses pertumbuhan dari ikan itu sendiri. Selain itu ikan ini juga mampu hidup pada lingkungan yang minim oksigen serta air.

Baca Juga : Mengatasi Penyakit Kembung Pada Ikan Lele

Ikan lele dumbo merupakan salah satu jenis ikan yang termasuk pemakan segalanya atau omnivore, akan tetapi pada habitat aslinya ikan ini biasa memakan makanan berupa jasad-jasad renik yang berupa zooplankton dan fitoplankton. Karena pemakan segalanya, di Indonesia sendiri ikan lele jenis ini sering diberi pakan berupa kotoran ayam ataupun bangkai hewan lainnya untuk mempercepat pertumbuhan ikan oleh pembudidaya.

Siklus Hidup Lele Dumbo

Di alam bebas ikan lele dumbo biasa berkembang biak pada musim penghujan saja, akan tetapi dalam kolam budidaya ikan ini mampu berkembang biak sepanjang tahun. Pada kondisi normal, lele jenis ini mampu tumbuh mencapi bobot 250 gram dalam waktu 100 hari, Pada ukuran inilah ikan sudah masuk pada tahap kedewasaannya. Jika telah masuk pada masa berkembangbiak, ikan lele jantan dan betina akan mencari tempat yang teduh dan aman untuk bersarang. Sekor induk betina dari ikan lele dumbo sendiri dapat menghasilkan 8000 sampai 10.000 butir telur/kg berat induk dan dalam waktu 24 jam setelah perkawinan, telur akan menetas.


Refrensi :
Badrul, Huda dan Farikhah.2015. Panduan Lengkap Budidaya Lele: Familia (Grup Relasi Inti Media, anggota IKAPI)
https://www.pertanianku.com/3-hal-yang-perlu-anda-tahu-sebelum-budidaya-lele-dumbo/

Bagikan

Tinggalkan komentar