Mengenal Keong Turbo (Neritina Turrita) Lebih Dekat

Keong Turbo atau dalam bahasa ilmiah neritina turrita, merupakan salah satu spesies yang banyak digunakan oleh penghobi aquascape untuk membersihkan lumut. Umumnya keong jenis ini berukuran sekitar 1-3 cm, Serta memiliki warna yang unik. Yaitu cangkangnya berwarna kuning keemasan yang di hiasi oleh garis-garis berwarna hitam.

Keong jenis ini memiliki cangkang yang halus, serta tidak memiliki taduk. Keong jenis ini merupakan salah satu alternatif alami dalam menjaga kebersihan aquascape dari lumut. keong ini memiliki usia yang cukup panjang yaitu selama 3-5 tahun, serta sangat menyukai tempat yang lembab untuk di tinggali.

Klasifikasi Keong Turbo

Keong ini masuk dalam keluarga Neritidae dan klasifikasi lengkapnya adalah sebagai berikut (Gmelin, 1791) :

Kingdom: Animalia
Filum: Mollusca
Kelas: Gastropoda
Sub Kelas: Neritimorpha
Ordo: Cycloneritida
Super Family: Neritoidea
Family: Neritidae
Sub Family: Neritininae
Genus: Neritina
Spesies: Neritina turrita

Manfaat Keong Turbo Untuk Aquascape

Keong Turbo

Habitat asli Keong ini adalah perairan air payau, yang memiliki arus deras. Meskipun demikian keong jenis ini juga dapat di pelihara menggunakan air tawar, namun keong tidak dapat berkembang biak.

Keong turbo memiliki prilaku yang sama seperti keong pada umumnya. yaitu memiliki pergerakan yang lambat dan sering menempel ke kaca aquarium, tanaman, maupun dasar aquarium.

Sesuai dengan fungsinya, keong jenis ini sangat menyukai memakan lumut yang menempel pada batu, kayu, kaca aquarium, serta tanaman. Karena keong ini memiliki ukuran yang relatif besar, sehingga mereka tidak dapat memakan lumut yang menempel pada daun tanaman.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kayu Aquascape Berlendir

Keong turbo dapat dengan cepat memakan lumut yang ada dalam aquascape, untuk itulah keong ini dinamakan turbo. Selain itu dapat dikatakan kemampuan dari keong ini lebih efektif dibandngkan dengan keong assasin dan keong tanduk. Karena lebih cepat dalam melakukan pembersihan lumut.

Kekurangan Keong Turbo

Meskipun dapat dikatakan keong ini sangat bermanfaan dan sangat membanu dalam membersihkan lumut pada aquascape. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai keong ini, antara lain :

Dapat Keluar Dari Aquarium

Karena keong jenis ini mampu hidup diluar air, sehingga tak jarang keong jenis ini keluar dari aquarium. Umumnya keong ini akan keluar dari aquarium jika merasa tempat yang di tinggali kurang nyaman. untuk itu di sarankan agar selalu memantau dan mengawasi pergerakan dari keong ini.

Merusak Tanaman

Sangat disarankan , untuk memasukan keong jenis ini pada saat aquascape telah berusia lebih dari 1 bulan. Karena di kawatirkan keong akan merusak tanaman yang masih kecil saat melewatinya.


Refrensi :
www.faunadanflora.com
www.marinespecies.org/aphia.php?p=taxdetails&id=737532

Bagikan

Tinggalkan komentar