Fungsi dan Masa Pakai Karbon Aktif Aquarium

Karbon aktif atau arang adalah salah satu media yang dapat di manfaatkan sebagai media filtrasi aquarium. Karbon aktif yang di gunakan dalam aquarium umumnya berbeda dengan arang biasa, Karena karbon aktif memiliki proses yang dapat meningkatkan jumlah pori-pori kecil di dalamnya. Namun pada umumnya arang aquarium terbuat dari bahan baku tulang hewan, gambut, batok kelapa, kayu atau batubara bituminus.

Untuk dapat membentuk karbon aktif, bahan baku perlu di panaskan dengan suhu tinggi dalam waktu tertentu. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan kotoran atau bahan kimia yang tidak di inginkan, serta membantu dalam memperluas permukaan karbon aktif. Luas karbon aktif penting, karena bagian inilah yang nantinya akan berinteraksi langsung dengan air dan semakin luas permukaan carbon maka akan semakin banyak bahan kimia yang di hilangkan.

Cara Kerja Karbon Aktif Aquarium

Karbon aktif sendiri merupakan bagian dari media filter kimiawi, karena fungsinya yang dapat menyerap kandungan kimia dalam air. Umumnya karbon aktif di letakkan dalam proses filterasi terakhir, bahkan ada yang bependapat bahwa jangan letakkan karbon aktif pada filterasi pertama. Karena di kawatirkan karbon akan aktif secara biologis yang tertutup oleh bakteri nitrifikasi, dan pada akhirnya mengurangi luas permukaan karbon.

Karbon aktif bekerja secara Adsorpsi, yang artinya karbon memiliki sifat lengket terhadap jenis bahan kimia tertentu. Sehingga jika bahan kima bersentuhan dengan karbon, maka bahan kima tersebut akan di serap oleh karbon. Karobn aktif akan mulai bekerja jika terjadi kontak dengan air, sehingga saat air melewati karbon aktif maka akan terjadi proses treatmen pada air. Dan kandungan kimia, partikel, ataupun zat yang ada di dalam air akan di serap dan di simpan dalam karbon.

Perlu di perhatikan, bahwa semakin lama interaksi air dengan karbon aktif dalam filter dapat meningkatkan kinerja dari karbon itu sendiri. Selain itu luas permukaan dari karbon aktif juga sangat penting, karena sangat perperan dalam proses penyerapan dan penyimpanan bahan kimia dalam karbon.

Fungsi Karbon Aktif Aquarium

Karbon aktif sangat baik di gunakan saat aquarium baru di set up. Karena media filter biologis belum mampu bekerja secara maksimal, di sini karbon aktif akan bekerja dengan mengikat partikel dan kandungan kimia dalam air. Karena fungsinya yang mampu mengikat partikel kecil, kabon aktif juga dapat menjernihkan air aquarium.

Karbon aktif sangat baik dalam menghilangkan kandungan kimia organik dalam air, namun tidak untuk bahan kimia anorganik. Sehingga karbon aktif tidak bisa menyerap kandungan amonia, nitrit, dan nitrat, karena ke tiga kandungan tersebut merupakan senyawa anorganik. Oleh karena itu, salah kaprah jika kamu menggunakan karbon aktif untuk mengontrol lonjakan amonia dalam aquarium.

Sala satu kelemahan yang di miliki karobn aktif, yaitu karbon dapat meningkatkan kandungan forfat di dalam air. Sehingga dapat mengakibatkan peningkatan tumbuhnya alga dalam aquarium. Selin itu pada arang dengan kualitas yang buruk dan di penuhi abu, juga dapat meningkatkan pH dalam air serta dapat berbahaya bagi ikan.

Baca Juga : Fungsi Batu Zeolit dalam Filtrasi Aquarium

Masa Pakai Karbon Aktif Aquarium

Karena karbon aktif bekerja dengan cara mengikat dan menyimpan kandungan kimia dalam air. Sehingga ada masanya karbon aktif tersebut akan penuh dan tidak dapat di gunakan lagi. Menurut beberapa sumber, menyebutkan bahwa masa pakai dari karbon aktif yaitu maksimal 3 bulan. Namun hal itu tergantung dari kualitas air serta jumlah ikan yang di pelihara.

Dimana semakin banyak ikan yang di pelihara, membuat masa pakai dari karbon aktif menjadi lebih pendek. Selain itu berbeda halnya denga batu zeloit yang dapat di daur ulang. Karbon aktif hampir tidak bisa digunakan lagi, kalaupun bisa kita perlu memanaskan karbon hingga 2.000oC. Sehingga jika masa pakai karbon telah habis, sangat di sarankan untuk menggantinya dengan yang baru.


Refrensi :
https://www.practicalfishkeeping.co.uk/features/be-clear-about-carbon/
https://ferboes.com/2013/12/16/berapa-lama-pemakaian-carbon-aktif-untuk-aquarium/

Bagikan

Tinggalkan komentar