28 Jenis Ikan Molly Terpopuler Beserta Gambarnya

Ikan Molly (Poelicia latipinna Sailfin molly) merupakan ikan hias yang berasal dari aliran sungai amazon, Berasil serta sungai-sungai lainnya yang berada di daerah Amerika Selatan. Jenis Ikan molly sendiri memiliki bentuk fisik yang mungil, warna yang indah, memiliki sifat yang sangat bersahabat, sehingga sangat cocok untuk tinggal dalam satu akuarium dengan ikan lainnya.

Ikan Molly saat ini telah memiliki banyak sekali jenis seperti molly ballon, black molly, white molly,molly green ballon , marble molly serta molly kuning ballon, dan dari masing-masig varietas tersebut memiliki keunikan-keunikan tersendiri.

Jenis Jenis Ikan Molly

Dari banyaknya varietas ikan molly, pada dasarnya ikan molly terbagi menjadi beberapa kelompok yaitu Sailfin Molly (sirip panjang), Shortfin Molly (sirip pendek), Hybrid Molly, dan Lyretail Molly (ekor cagak). dan berikut ini merupakan penjelasan lengkap dari kelompok-klompok tersebut.

1. Sailfin Molly

Sailfin Molly
pic : https://www.aquasnack.co.uk

Ikan ini merupaka molly yang masuk kedalam kelompok Sailfin molly dan berasal dari perairan sungai San Antonio, Texas. Ciri khas dari molly jenis ini adalah bentuk siripnya yang melebar keatas seperti layar perahu. Serta ikan ini rata-rata memiliki memiliki usia 3 tahun dan maksimal ukuran tubuhnya hanya 12 cm.

Spesies dari ikan molly dalam kelompok Sailfin sendiri sangat beagam. seperti Green Sailfin Molly, Black Sailfin Molly, Silver Sailfin Molly, Golden Sailfin Molly, Harlequin Sailfin Molly, Cremesicle Sailfin Molly, Chocolate Sailfin Molly, Yucatan Molly, dan masih banyak lagi. Berikut ini merupakan penjelasan terkait ikan molly yang masuk kedalam kelompok sailfin.

2. Green Sailfin Molly

Green Sailfin Molly
pic : https://goliadfarms.com/

Ikan molly ini masuk kedalam kelompok Sailfin molly yang berasal dari kawasan afrika tengah. Berbeda dengan ikan molly pada umumnya yang rata-rata memiliki ukuran maksimal 12 cm , ikan Green Sailfin Molly ini memiliki ukuran maksimal tubuh 15 cm. Sesuai dengan namanya, ikan Green Sailfin Molly memiliki warna tubuh abu-abu kehijauan serta sirip punggung yang lebar dengan ujungnya yang berwarna orange.

3. Black Sailfin Molly

Black Sailfin Molly
pic : https://fishplace.eu/

Ikan molly Black Sailfin masuk kedalam kelompok Sailfin, yangmana jika diperhatikan ikan ini sekilas mirip seperti ikan cupang hias. sama seperti molly dalam kelomok sailfin lainnya, ikan ini juga memiliki bentuk sirip yang indah seperti layar perahu. Hanya saja yang membedakan adalah ikan ini memiliki warna tubuh yang didominasi oleh warna hitam.

4. Silver Sailfin Molly

Silver Sailfin Molly
pic : https://www.tropco.co.uk/

Meskipun Silver Sailfin molly ini masuk kedalam kelompok Sailfin, namun ternyata ikan ini merupakan molly hasil dari hybrid poecilia. Ikan molly ini memiliki warna sisik keperakan serta sirip panjang yang indah. Pada ikan jantan memiliki warna yang sedikit berbeda, yangmana pada bagian punggung molly jantan terdapat tanda berwarna orange.

5. Golden Sailfin Molly

Golden Sailfin Molly
pic : http://www.aquatic-village.com/

6. Harlequin Sailfin Molly

Harlequin Sailfin Molly
pic : https://animals.net

7. Cremesicle Sailfin Molly

Cremesicle Sailfin Molly
pic : https://aquariumfish.ecwid.com/

8. Chocolate Sailfin Molly

Chocolate Sailfin Molly
pic : https://epond.eu/

9. Yucatan Molly

Yucatan Molly

Ikan molly Yucatan masuk kedalam kelompok Sailfin molly dan berasal dari San Antonio, Texas. Pada umumnya ikan molly ini sering dijumpai dengan warna merah dan terdapat sedikit warna putih pada bagian perutnya, serta memiliki ukuran maksimal hanya 12 cm saja.

Baca Juga : 8 Langkah Mudah Membersihkan Kaca Aquarium dari Kerak

10. Shortfin Molly

Shortfin Molly
pic : https://i.pinimg.com/

Shortfin Molly merupakan molly yang memiliki sirip pendek. dalam kelompok molly shortfin sendiri terdapat beberapa jenis seperti Liberty Molly, Atlantic Molly, serta Common Molly. Berikut ini merupakan penjelasan terkait ikan molly yang masuk kedalam kelompok shortfin.

11. Liberty Molly

Liberty Molly
pic : https://epond.eu/

Liberty Molly masuk kedalam kelompok short-fin molly dan berasal dari El Savador, Sepanyol. Ikan molly jenis ini memilik ukuran maksimal 8 cm dan sifat yang agresif dan sering menggigiti sirip ikan lainya.

12. Atlantic Molly

Atlantic Molly
pic : https://ychef.files.bbci.co.uk

Merupakan jenis ikan molly yang masuk dalam kelompok short-fin molly dan berasal dari Meksiko. Berbeda dengan jenis ikan molly lainnya yang memiliki besar maksimal 12 cm, molly jenis Atlantic hanya mampu tumbuh dengan panjang maksimal 5 cm saja.

13. Common Molly

Common Molly

Jenis ikan molly ini dapat dikatakan sebagai cikal-bakal munculnya ikan black molly. dimana jenis ikan ini di silangkan dengan molly dari kelompok sailfin hingga menghasilkan jenis ikan black molly karena mengalai melanistic atau munculnya pigmen gelap pada tubuh.

Baca Juga : 3 Cara Membuat Kayu Aquascape Tenggelam

14. Golden Molly

Golden Molly
pic : https://www.tropco.co.uk/

Ikan molly jenis ini masuk kedalam kelompok ikan hybrid dan merupakan salah satu jenis ikan molly yang cukup langka. Ikan gold molly memiliki tubuh berwarna emas mengkilat yang sangat cantik dan indah.

15 Black Molly

Black Molly
pic https://fishkeepingadvice.com/

ikan Black Molly ini merupakan hasil hybrid dari Common Molly dan termasuk jenis ikan molly yang populer dan menjadi primadona. Seluruh tubuh pada Ikan black molly memiliki waran hitam mengkilap yang menutupi tubuhhnya, sehingga terlihat sangat cantik dan elegant.

16. Neon Oranye Molly

Neon Oranye Molly

Ikan molly jenis ini merupakan ikan hasil dari hybrid poecilia. Molly jenis ini memiliki warna tubuh yang didominasi warna oranye mengkilau dengan sedikit warna putih pada bagian bawah tubuhnya.

17. Golden Black Molly

Golden Black Molly
pic : https://epond.eu/

Ikan molly jenis ini memiliki ciri utama yaitu sebagian tubuhnya berwarna keemasan sedangkan pada bagian lain berwarna hitam. Perpaduan inilah yang membuat ikan molly jenis ini nampak cantik dan indah.

18. Molly Marble

molly marble
pic : https://www.myaquariumclub.com/

Ikan molly jenis ini merupakan ikan moly yang dihasilkan dari perkawinan silang (hybrid) dan cukup populer di kalangan pecinta ikan. Seperti dengan namana, ikan jenis ini memiliki warna tubuh yang didominasi dengan warna hitam dengan bercak-bercak putih disekitarnya atau sebaliknya.

19. Molly Balon

Molly Balon
pic : https://www.betta.solutions/

Ikan molly jenis ini merupakan ikan moly yang dihasilkan dari perkawinan silang (Hybrid) dan cukup populer di kalangan pecinta ikan. Molly jenis ini memiliki bentuk perut buncit seperti balon dengan warna yang berfariasi (merah, kuning, atau jingga) tergantung janisnya.

Bentuk tubuh dari molly balon terjadi akibat ikan mengalami cacat yang membuat bentuk tubuh ikan molly tidak sempurna pendek dan bulat layaknya balon. Meskipun terlihat lucu dan menggemaskan, banyak yang beranggapan bahwa ikan molly jenis ini memiliki rentan usia yang pendek karena kecacatannya.

20. White Pot Belly Molly

White Pot Belly Molly
pic : https://molliesfish.com/

21. Orange Baloon Molly

Orange Baloon Molly
pic : https://www.fishbazaar.sg/

22. Black Baloon Molly

Black Baloon Molly
pic :https://www.myaquariumclub.com/
Baca Juga : Tips Mencerahkan Warna Ikan Mas Koki Dengan Cepat

23. Lyretail Molly

Lyretail Molly
pic : https://www.myaquariumclub.com/

Pada dasarnya ikan Lyretail Molly memiliki bentuk fisik seperti ikan black molly. Namun yang membedakan ikan Lyretail Molly dengan black molly adalah bentuk dan warna ekornya. Yangmana Lyretail Molly memiliki bentuk ekor seperti pita yang meruncing dengan perpaduan warna yang cantik. Selain itu Lyretail Molly juga memiliki beberapa jenis, antara lain:

24. Silver Lyretail Molly
Silver Lyretail Molly
pic : https://www.fishinabox.co.nz/

25. Black Lyretail Molly

Black Lyretail Molly
pic : https://epond.eu/

26. Marble Lyretail Molly

Marble Lyretail Molly

27. Platinum Lyretail Molly

Platinum Lyretail Molly
pic : https://www.liveaquaria.com/

28. Creamsicle Sailfin Lyretail Molly

Creamsicle Sailfin Lyretail Molly
pic : https://aquariumfish.net/

Sebenarnya jenis dari molly sendiri saat ini tidak diketahui jumlahnya. Karena ikan ini termasuk ikan yang mudah untuk dibudidayakan dan banyak orang yang melakukan perkawinan silang serta mutasi genetik untuk menghasilkan variasi ikan molly lainnya.


Refrensi :
https://molliesfish.com/different-molly-fish/
https://www.aquariumnexus.com/molly-fish-types/

Bagikan

Tinggalkan komentar