Mengenal Ikan Sumatra (Puntius Tetrazona) Lebih Dekat

Ikan sumatra atau tiger brab, merupakan ikan dari spesies barb yang memiliki popularitas yang cukup bagus. hal tersebut tidak lepas dari tingkah laku serta corak warna yang dimilikinya, sehingga sagat menarik jika ditempatkan dalam aquarium.

Sesuai dengan namanya, Ikan yang memiliki nama latin Puntius tetrazona ini berasal dari perairan sumatra. Dimana ikan ini tersebar pada bagian selatan dan tengah Sumatra, Riau, Jambi. Serta biasanya juga ditemui pada perairan Kalimantan, Thailand dan semenanjung Melayu.

Klasifikasi Ikan Sumatra

Ikan Sumatera sendiri masuk dalam family Cyprinidae dan berikut ini merupakan Klasifikasi lengkapnya (Bleeker, 1855) :

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Sub Kelas: Actinopterygii
Ordo: Cypriniformes
Famili: Cyprinidae
Genus: Puntius
Spesies: Puntius tetrazona (Bleeker, 1855)

Morfologi Ikan Sumatra

ikan sumatra
Pic : seriouslyfish.com

Ikan tiger brab memilki bentuk tubuh pipih, bulat, serta agak tinggi. Umumnya pada usia dewasa ikan ini memiliki panjang tubuh 50-70 mm, serta tingginya sekitar setengah dari panjang tubuhnya. Ikan ini memiliki gurat sisik tidak sempurna, yaitu 22-25 buah dan 8-9 merupakan sisik terdepan yang berpori.

Ikan ini memiliki warna utama kuning keemasan yang dihiasi empat garis vertikal berwarna hitam pada tubuhnya. Garis-garis tersebut berada pada bagian mata, belakang sirip, dada, serta dorsal. Pada sekitar mulut, sirip perut,dan ekor memiliki warna kemerahan. Sedangkan pada bagian sirip punggung dan sirip dubur memiliki warna kehitaman.

Membedakan Ikan Sumatra Jantan dan Betina

Sebelum membedakan jenis kelamin dari ikan sumatra, pastikan terlebih dahulu usia dari ikan telah sesuai, yaitu sekitar 6-8 bulan. Jika kurang dari usia tersebut maka akan sulit untuk membedakannya, karena ciri-ciri fisik dari tiger barb jantan dan tiger barb betina terlihat sama saja.

Selanjutnya perhatikan warna dari ikan, umumnya ikan sumatra jantan akan memiliki warna tubuh yang lebih cerah dari ikan betina. selain itu ikan betina juga memiliki tubuh yang relatif besar dan gemuk, dibandingkan dengan ikan jantan yang terlihat lebih ramping.

Baca Juga : Mengenal Ikan Lemon (Neolamprologus leleupi) Lebih Dekat

Habitat Ikan Sumatra

Sesuai dengan namanya ikan ini merupakan ikan endemik dari Sumatra, tepatnya pada bagian tengan dan selatan Sumatra. Selain itu ikan jenis ini juga dapat dijumpai pada perairan Riau, Jambi, Serta biasanya juga ditemui pada perairan Kalimantan, Thailand dan semenanjung Melayu.

Pada alam bebas, umumnya ikan ini mendiami sungai-sungai dangkal dengan arus sedang. Ikan sumatra sangat baik tinggal pada perairan dengan pH antara 6-8, Suhu air antara 20-26oC, Serta kesadahan air antara 5-19 dGH. Ikan ini juga memiliki daya adaptasi yang cukup baik, terbukti dengan ditemuinya ikan ini pada rawa-rawa yang memiliki kualitas air yang tidak begitu baik.

Jenis-jenis Ikan Sumatra

Ikan Tiger Barb sendiri tidak terlalu memiliki banyak jenis, antara lain :

1. Tiger Barb Biasa

ikan sumatra biasa
Pic : seriouslyfish.com

Ikan jenis ini memiliki bentuk tubuh pipih, bulat, serta agak tinggi, serta memiliki warna utama kuning keemasan dan terdapat empat garis vertikal berwarna hitam pada tubuhnya.

2. Tiger Barb Ballon

Ikan SUmatra Ballon
Pic : leopardaquatic.com

Secara keseluruhan ikan jenis ini hampir sama denga Tiger Barb bias. Yang membedakannya adalah bentuk tubuhnya yang lebih besar, dan lebih terlihat seperti balon.

3. Green Tiger Barb

Ikan Sumatra Hijau
Pic : seriouslyfish.com

Sesuai dengan namanya ikan ini memiliki tubuh berwarna kehijauan, dan pada bagaian mulut serta sirip bawah memiliki warna kemeraha. Berbeda dengan ikan sumatra pada umumnya, Green Tiger Barb tidak memiliki 4 hitam buah garis yang menghiasi tubuhnya.

4. Tiger Barb Albino

Ikan SUmatra albino
Pic : seriouslyfish.com

Sama seperti dengan ikan lainnya, ikan ini juga memiliki versi albinonya. Tiger Barb jenis ini biasanya memiliki warna tubuh putih kemerahan dan didominsi warna pink.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Ikan Cupang

Makanan Ikan Sumatra

Ikan tiger brab merupakan ikan pemakan segalanya atau omnivora, walaupun sangat menyukai pakan hidup. Pada alam bebas, biasanya ikan sumatra memakan pakan berupa organisme dasar perairan seperti cacing rambut (Tubifex sp). Namun jika ikan ini dipelihara dalam aquarium pakan yang dapat diberikan adalah cacing rambut ataupun pelet dengan kadar protein 30%.

Memelihara Ikan Sumatra

gambar ikan sumatra

Ikan tiger brab merupakan jenis ikan yang tergolng mudah untuk dipelihara. merskipun demikian perhatikan selalu kualitas air, untuk menjaga kesehatan ikan. Sama seperti pada alam bebas ikan ini sangat baik tinggal dalam air dengan pH antara 6-8, Suhu air antara 20-26oC, Serta kesadahan air antara 5-19 dGH.

Tiger brab termasuk ikan yang memiliki sifat yang aktif dan menyukai bergerak bebas. Sehingga memerlukan ukuran aquarium yang sesuai, yaitu minimal 80 X 30 cm. Selain itu ikan ini juga suka mengganggu jenis ikan lainya, dengan cara menggigit dan merusak sirip ikan lain. Untuk itu pemilihan teman dari ikan ini perlu mendapatkan perhatian.

Kamu dapat mencampurkan ikan jenis ini dengan ikan barb lainnya, seperti Cherry barb, Rosy barb, Puntius pentazona, clown barb. Selain itu kamu juga dapat mencampurkan ikan jenis lain yang memiliki sirip pendek dan memiliki gerakan yang cepat.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Ikan Mas Koki

Pengalaman Memelihara Ikan Sumatra

Awal mulnya saya tertarik membeli ikan ini karena memiliki bentuk tubuh dan corak warna yang unik. Singkat cerita saya membeli 6 ekor Tiger brab, yang per ekornya berharga 2000 rupiah. Ikan tersebut saya tempatkan pada aquarium berukuran 80 X 40 X 50, dan digambungkan dengan beberapa jenis ikan lainnya. Seperti ikan mas koki, ikan guppy, ikan molly, ikan manfis, ikan sapu-sapu, serta ikan redfin.

Setelah sekitar 3 bulan memelihara ikan ini, ikan cenderung dapat berteman dengan ikan lainnya yang notabennya memiliki sirip panjang dan gerakan lambat. Meskipun sesekali ikan ini terlihat menggangu ikan lainnya, namun hal tersebut tidak menjadi masalah yang berarti.


Refrensi :

www.itis.gov
hewany.com/ikan-sumatra
www.seriouslyfish.com/species/puntigrus-tetrazona/

Bagikan

Tinggalkan komentar