Mengenal Ikan Louhan (Amphilphus trimaculatus)

Ikan Louhan merupakan salah satu jenis ikan hias yang cukup populer di pelihara oleh penghobi. Hal tersebut tidak lepas dari keunikan yang dimiliki ikan ini, yaitu dahi yang terlihat menonjol. Selain itu ada kepercayan, jika memelihara ikan ini akan membawa keberntungan, kesejahteraan, serta kemakmuran pada pemiliknya.

Namun banyak orang yang belum mengetahui bahwa ikan jenis ini merupakan ikan hasil hibrida dan tidak dapat di temukan di alam bebas. Dimana ikan louhan merupakan hasil persilangan dari berbagai jenis ikan, dan memiliki sejarah panjang sebelum menjadi ikan louhan seperti saat ini.

Sejarah Ikan Louhan

Ikan louhan pertama kali muncul pada tahun 1993 tepatnya di negara Malaysia. Namun ikan jenis ini baru benar-benar di temukan pada tahun 1998 setelah beberapa kali di lakukan perkawinan silang. Pada proses perkawinan silang tersebut meilibatkan beberapa jenis ikan, Di mana pada persilangan pertama melibatkan ikan Red-Devil (Cichlid) dan ikan hibrida/kimpoi silang yang menghasilkan ikan Parrot-Cichlid.

Selanjutnya proses persilangan dilakukan pada ikan Parrot-Cichlid dengan jenis ikan Human Face Red God of Fortune, dan menghasilkan ikan jenis baru yaitu Five-Colors God of Fortune. Perkawinan silang selanjutnya dilakukan antara Seven-Colors Blue Fiery Mouth dan hasilnya dengan Jin Gang Blood Parrot dari Taiwan,perkawinan silang ini meghasilkan generasi pertama hibrida yaitu : Louhan.

Klasifikasi Ikan Louhan

Louhan sendiri masuk dalam family Cichlidae dan berikut ini merupakan Klasifikasi lengkapnya (Günther, 1867) :

Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
SubPhylum: Vertrbrata
Class: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Subordo: Labroidei
Family: Cichlidae
Genus: Amphilophus
Specied: Amphilophus trimaculatus

Morfologi Ikan Louhan

Ikan lohan memiliki bentuk badan persegi, agak bulat serta memiliki ekor pendek seperti ikan mujair. ikan ini juga memiliki mata bulat, sisik lunak yang agak melebar, serta memiliki bentuk mulut yang terlihat monyong dan tebal. Selain itu ikan lauhan juga memiliki benjolan atau jenong pada bagian kepalanya, yang membuat ikan ini jadi lebih unik dan menarik.

Baca Juga : Mengenal Ikan Lemon (Neolamprologus leleupi) Lebih Dekat

Louhan sendiri memiliki warna yang cukup beragam, seperti warna orange, biru, merah dominan, merah muda, biru, hitam, serta kombinasi lainnya. Selain itu pada bagian bada ikan ini terdapat bintik-bintik kecil yang menadi salah satu ciri khas ikan ini.


Refrensi :
https://www.itis.gov/
https://www.kompasiana.com/

Bagikan

Tinggalkan komentar