Mengenal Ikan Lemon (Neolamprologus leleupi) Lebih Dekat

Ikan lemon atau lemon cichlid merupakan salah satu jenis ikan hias yang cukup sering dijumpai pada toko-toko aquarium. lemon cichlid merupakan ikan endemik yang berasal dari perairan afrika bagian selatan, tepatnya danau Tanganyika. Ikan ini memliki ciri khas warna kuning cerah pada seluruh tubuhnya sepeti warna kulit lemon. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk memelihara ikan cantik ini.

Namun meskipun begitu, banyak orang yang belum mengetahui karakteristik dari ikan ini. Padahal ikan lemon merupakan ikan yang memiliki sifat yang agresif dan cenderung buas, sehingga tidak semua ikan dapat disatukan dengan ikan ini. Oleh karena itu sebaikny kamu harus mengenali terlebih dahulu lemon cichlid dengan baik sebelum memeliharanya.

Klasifikasi Ikan Lemon

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Teleostei
Sub Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Sub Ordo: Labroidei
Family: Cichlidae
Genus: Neolamprologus
Spesies: Neolamprologus leleupi

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Ikan Nila (Oreochromis niloticus)

Morfologi Ikan Lemon

lemon cichlid memiliki bentuk tubuh pipih memanjang, serta Kepala beberbentuk sedikit memanjang pada bagian atas dan datar pada bagian mulut. Hampir seluruh tubuhnya berwarna kuning, namun terdapat sedikit warna hitam pada bagian sisi atas sirip ikan. Ikan ini memiliki bentuk mata besar dan bulat, serta memiliki bentuk mulut yang cukup lebar.

lemon cichlid memiliki sirip yang cukup lengkap, seperti dua sirip utama berukuran sedang pada bagian insang, serta dua sirip yang berada di bawah dekat ekor. Terdapat juga sirip yang berada pada bagian atas yang tumbuh mulai dari punggung hingga mendekati ekor. Sedangkan ekor pada lemon cichlid memiliki ukuran agak lebar dan tidak memanjang seperti kipas.

Habitat Ikan Lemon

Ikan jenis ini merupakan ikan endemik yang berasal dari perairan Afrika tepatnya pada daerah selatan yaitu danau Tangayika. Pada habitat asalnya, ikan ini menghuni perairan dengan kadar pH 7.5 – 8 dan suhu 24oC – 26oC. Meskipun begitu ikan ini merupakan ikan yang memiliki daya tahan yang cukup baik, Sehingga dapat hidup dengan baik diluar habitatnya.

Ikan ini termasuk ikan karnivora, dan pada alam bebas lemon cichlid memakan pakan berupa organisme zoobenthic, copepoda, serta serta serangga air. Selain itu ikan ini juga dapat hidup pada permukaan perairan ataupun perairan dalam. Karena pada habitatnya, ikan ini sering dijumpai dikedalaman 5-40 meter pada sepanjang garis pantai sisi timur dan barat danau.

Karakteristik Ikan Lemon

Ikan lemon merupakan ikan yang cukup agresif dan dapat dikatakakan buas, karana sering menyerang ikan lainnya. Selain itu ikan ini juga termasuk ikan yang rakus, apapun jenis makanan yang dimasukan dalam aquarium pasti akan dimakannya. Selain itu pada saat keadaan lapar, ikan ini juga dapat melakukan kanibalisme dengan memakan ikan sejenis ataupun beda jenis.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Ikan Manfish

Pengalaman Memelihara Ikan Lemon

Awal mulnya saya tertarik membeli ikan ini karena warnanya yang mencolok dan menarik untuk sekelas ikan hias air tawar. Singkat cerita saya membeli 4 ekor lemon cichlid, yang terdiri dari 1 ekor berukuran besar dan sisanya berukuran kecil. Saya menempatkan ikan ini pada aquarium berukuran 80 X 40 X 50, dan digambungkan dengan beberapa jenis ikan lainnya. Seperti ikan mas koki, ikan guppy, ikan molly, ikan manfis, ikan sapu-sapu, serta ikan sumatra.

Pada minggu pertama, ikan ini cenderung diam pada dasar aquarium dan terlihat menempati pada satu wilayah. Beberapa hari kemudian ikan ini sudah mulai beradaptasi dan jika ikan lain masuk kedalam wilayahnya, ikan akan menyerang ikan tersbut. Setelah beradaptasi total ikan ini mulai jahil dengan mengigiti sirip ikan mas koki, bahkan juga tega memakan ikan guppy.

Jika kamu mengalami masalah serupa, sangat disarankan untuk tidak membuang ikan lemon ke sungai, selokan, danau, kanal, atau wilaah perairan lainnya. Karena hal itu dapat berakibat buruk dan merusak lingkungan tempat ikan lainnya hidup.


Refrensi :
https://www.fishbase.se/Summary/speciesSummary.php?id=8670
http://nakamaaquatics.id/2019/03/18/lemon-cichlid-si-ikan-kuning-berkilau-yang-suka-jahil/

Bagikan

Tinggalkan komentar