Mengenal Ikan Bawal Putih Lebih Dekat

IKANPEDIA – Ikan bawal putih merupakan ikan yang dapat dijumpai pada perairan air laut, payau, bahkan air tawar. Di Indonesia sendiri bawal jenis ini tersebar pada perairan laut jawa, pantai timur, timur sumatra, serta pantai laut china selatan. Umumnya ikan ini memakan pakan berupa udang, plankton, serta ikan-ikan berukuran kecil.

Ikan bawal jenis ini berasal dari perairan Berazil, dan dapat dijumpai di laut hindia selatan, malaysia, afrika, bahkan jepang. Selain itu bawal putih merupakan komoditas perikanan yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan memiliki pasar cukup besar. Ikan ini biasanya ditemui pada dasar perairan dan sering terlihat bergerombol (Schooling).

Klasifikasi Ikan Bawal Putih

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Sub filum: Vertebrata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Sub Ordo: Stromateoidei
Famili: Stromateidae
Genus: Pampus
Spesies: Pampus argenteus (Euphrasen, 1788)

Morfologi Ikan Bawal Putih

Bawal putih memiliki bentuk badan pipih lateral (Punggung bongkok) dengan perbandingan antara panjang dan juga tinggi adalah 2 : 1. Bawal ini memiliki sisik halus berwarna putih keperakan sedangkan pada bagian sirip terlihat berwarna kekuningan dengan bintik abu-abu. Pada bagian atas badannya berwarna abu-abu, sedangkan bagian bawah tubuhnya berwarna putih keperakan. Selain itu terdapat juga bintik-bintik hitam berukuran kecil pada hampir seluruh badannya.

Bawal putih memiliki ukuran kepala yang kecil dibandingkan dengan ukuran badannya. Memiliki mulut berukuran kecil yang terletak pada ujung kepala, mata berukuran kecil, juga rahang pendek yang dilengkapi dengan gigi seri tajam. Ikan ini memiliki sirip dada yang tidak runcing, tidak memiliki sirip perut, serta sirip ekor bercagak dalam namun bagian bawah lebih panjang.

Habitat Bawal Putih

Sama Seperti Bawal Hitam, Bawal putih juga banyak menghuni perairan pantai yang memiliki dasar lumpur. Dimana pada siang hari bawal jenis ini cenderung berada pada dasar perairan, sedangkan pada malam harinya ikan akan naik kepermukaan. Seringkali bawal hitam membentuk gromobolan besar (schooling), dan memasuki wilayah estuari yang dekat dengan sungai-sungai besar.

Nama Lokal Bawal Putih Tiap Negara

Bawal Putih merupakan ikan yang memiliki persebaran cukup luas, yaitu meliputi perairan Indo-Pasifik Barat : Teluk Persia ke Indonesia, utara ke Hokkaido, Jepang, serta Laut lepas pantai Hawaii. Dan pada setiap negara tersebut memiliki nama lokal bawal putih yang berbeda-beda, antara lain :

IndonesiaBawal putih, Dowah, Lawang, Bawai puteh (Aceh), Manriwasa kebo (Makasar).
MalaysiaBawal bintang, Bawal cermin, Bawal chawi, Bawal lawi, Bawal puteh, Bawal putih, Dorang,Dueh bujang.
PhilippinesAlumbiberas, Bakoko, Duhay, Pampano, Tagas, Pampano, Sandatan.
IndiaChandi, Pomfret, Silver pomfret, Paplet, Vichuda, Manji, Thondrette, Avoli, Karuvolli, Chandava.
BangladeshFali chanda, Rup chada, Chinese pomfret.
KoreaChaet-pyǒng-ǒ, Pyǒng-ǒ, 병어.
JepangHirenaga-mana-gatsuo, Hirenaga-managatsuo, Mana-gatsuo, Managatsuo.
ChinaHuī chāng, Líng chāng, Yàn wěi chāng.
ArabZubaidi.

Penurunan Populasi Bawal Putih

Permintaan pasar yang tinggi terhadap bawal putih, membuat bawal putih saat ini cukup sulit dijumpai di alam bebas. Terlebih lagi maraknya ilegal fishing serta penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan, membuat populasi bawal putih di lautan kian mengalami penurunan.

Baca Juga : Morfologi dan Klasifikasi Ikan Arwana

Mentri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019, Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa terdapat beberapa spesies ikan di laut Indoneisa yang mulai mengalami penurunan jumlah dan juga cukup langka untuk ditangkap. Padahal spesies-spesies tersebut merupakan ikan yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Oleh karena itu, ibu susi meminta kepada seluruh pemerintah daerah mendukung kebijakan pemerintah untuk melarang penggunaan cantrang atau pukat harimau. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan suber daya laut indonesia dapat berkelanjutan.

Demikianlah pembahasan mengenai Klasifikasi dan Morfologi Ikan Bawal Putih (Pampus argenteus), Semoga anda bisa lebih memahami dan juga mengenal lebih dekat dengan ikan bawal putih. Semoga Bermanfaat.


Refrensi :
https://www.itis.gov/
https://www.fishbase.in/summary/Pampus-argenteus.html

Bagikan

Tinggalkan komentar