Fungsi dan Cara Kerja Filter Gantung atau Hang On

Kualitas air yang baik merupakan salah satu hal yang wajib di miliki dalam memelihara ikan hias. Pemilihan jenis filter dan media filter yang tepat merupakan faktor utama untuk mencapai tujuan tersebut. Filter sendiri memiliki beberapa jenis, yangmana penggunaannya tergantung dengan kebutuhan. Semisal jika aquarium berukuran kecil maka dapat menggunakan filter gantung untuk menunjang kebersihan air.

Filter gantung atau filter hang on sendiri merupakan salah satu jenis filter yang mudah untuk di gunakan dan juga mudah untuk merawatnya. Karena kita tinggal menggantungkan filter pada dinding aquarium, dan tinggal mengambilnya jika ingin membersihkannya. Kebanyakan jenis filter ini di gunakan pada aquarium berukuran kecil karena memiliki bentuk simpel, berukuran kecil, serta memiliki daya semburan yang rendah.

Kelebihan Filter Gantung

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, filter jenis ini ternyata memiliki beberapa kelebihan di bandingkan dengan jenis filter lainnya. Antara lain :

  1. Memiliki harga yang relatif lebih murah.
  2. Memiliki daya watt yang kecil.
  3. Penggunaan dan perawatan yang mudah.
  4. Sangat cocok untuk aquarium berukuran kecil.

Cara Kerja Filter Gantung

Cara kerja Filter Gantung

Filter gantung bekerja dengan cara menyedot air dalam aquarium menggunakan pompa internal. Selanjutnya air akan di alirkan melalui media filter seperti media mekanik, biologis, dan kimiawi. Dan air hasil penyaringan tersebut akan di alirkan kembali kedalam aquarium.

Baca Juga : Fungsi dan Cara Kerja Filter Canister

Cara Memasang Filter Gantung Aquarium

Pada umumnya saat pertama kali membeli, filter gantung telah menyediakan pompa internal serta beberapa media filter mekanik dan biologis. Pada tahap ini kamu tinggal memasang pipa penyedot sesuai dengan buku petunjuk, dan menggantungan filter pada dinding aquarium.

Namun untuk memaksimalkan fungsi dari filter hang on, kamu dapat mengganti atau menambahkan media filter biologis yang lebih baik. Dalam hal ini kamu perlu melihat kebutuhanmu, seperti ukuran aquarium serta seberapa banyak ikan yang dipelihara. Karena memiliki ruang filter yang kecil, kamu dapat meggunakan media biologis seperti Ceramic Ring atau Biomedia untuk lebih memaksimalkan fungsi filter.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa filter hang on cukup efektif di gunakan jika benar dalam pemakaiannya. Yaitu di sarankan untuk pengguaan pada aquarium kecil serta penambahan media filter biologis untuk memaksimalkan kinerja dari filter.

Bagikan

Tinggalkan komentar