Fungsi dan Cara Kerja Filter Canister

Filter Canister merupakan salah satu jenis filter yang termasuk filter versus (lama), seperti filter under gravel dan filter atas. Pada dasarnya filter jenis ini mempunyai fungsi yang serupa dengan filter jenis HOB (Hang On the Back) yaitu mensirkulasikan air dan menyringnya agar kotoran-kotoran yang ada pada aquarium dapat terambil dan air menjadi bersih. Awalnya Filter Canister berfungsi untuk menyaring air minum dalam tekanan rendah. Namun pada aquarium Filter jenis ini berguna untuk menyaring air dengan tekanan tinggi yangmana pompa akan memaksa air mengalir melalui media filter yang padat.

Cara Kerja Filter Canister

Cara Kerja Filter Caniter
Gambar : fishkeepingworld.com

Filter Canister merupakan suatu sistem kedap udara, filter ini akan menyedot air dari aquarium dan melewatkannya ke media filter. Kemudian air hasil penyaringan dipompa kembali menuju aquarium dengan cara ditupahkan ataupun disemprotkan menggunakan pompa air.

Karena filter jenis ini memiliki tekanan yang cukup tinggi, menjadikan kondisi kontak antara air dengan media penyaring menjadi lebih bagus. Sehingga kotoran-kotoran dapat menempel dengan baik pada media filter dan akan membuat kualitas air menjadi lebih jernih. Selain itu pada filter jenis ini biasanya juga menyediakan tempat bagi media filter kimia, biologis serta mekanis, bahkan pada merek filter tertentu juga menyediakan lampu UV.

Baca Juga : Mengatasi kutu ikan Mas Koki dan Mas Koi

Filter Canister sangat cocok untuk kolam terbuka karena filter dapat ditempatkan diluar kolam. Selain itu filter jenis ini juga sangat cocok untuk pengguna aquascape. Karena pengunaan Filter jenis ini dapat mengingkatkan jumlah karbondioksida dalam air sehingga sangat baik untuk pertumbuhan tanaman air. Keuntungan lain dari penggunaan filter ini yaitu sagat mudah dalam hal perawatan. Karena menempatkan filter pada luar aquarium sehingga tidak akan menggangu interior ataupun ikan yang ada dalam aquarium saat melakukan proses perawatan.

Bagikan

Tinggalkan komentar