Cara Pasang Lampu Celup Aquarium Yang Baik

Cara Pasang Lampu Celup Aquarium – Lampu merupakan salah satu komponen penting dalam memelihara ikan di aquarium. Karena dengan adanya lampu, membuat susana di dalam aquarium mejadi lebih hidup dan indah. Lampu aquarium sendiri memiliki beberapa jenis, seperti lampu model jepit, lampu model gantung, serta lampu led celup.

Dari ketiga jenis lampu aquarium tersebut, lampu celuplah yang memiliki penguna yang cukup banyak. Lampu celup sendiri merupakan sebuah lampu yang di rancang khusus agar bisa menyala di dalam air. Selain mudah dalam pemakaiannya, lampu model ini juga cenderung memiliki harga yang terjangkau dan cukup mudah di dapatkan.

Cara Pasang Lampu Celup Pada Aquarium

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan lampu celup sebagai penerangan utama aquarium, berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu di perhatikan.

  1. Pilih lampu celup yang sesuai dengan panjang aquarium, usahakan pilih lampu yang berukuran pas dan tidak terlalu kecil. Karena dapat menimbulkan blank spot, atau tidak meratanya cahaya yang menyebar dalam aquarium.
  2. Untuk mendapatkan hasil cahaya yang bagus, kamu dapat meletakkan lampu pada bagian tengah atau depan aquarium. Karena jika lampu ditempatkan pada sisi belakang aquarium, akan memberikan efek silau bagai orang yang melihatnya.
  3. Kamu dapat menempelkan lampu pada kaca aquarium, atau agar lebih rapi kamu juga dapat menempelkannya pada skur aquarium. Intiya letakan lampu serapi mungkin.
  4. Perhatikan juga kabel dari lampu, usahakan kabel tidak menekuk saat di pasang. Hal itu di lakukan untuk menghindari terkelupasnya kabel dan terjadi konsleting listrik.
Baca Juga : Fungsi Lampu UV Untuk Menjernihkan Air Aquarium

Meskipun dapat menambah kecantikan dan keindahan pada aquarium, penggunaan lampu yang berlebihan ternyata dapat memberikan dampak negatif. Salah satunya yaitu pada ikan, karena ikan sendiri merupakan makhluk hidup yang juga membutuhkan istirahat. Sehingga penggunaan lampu yang berlebihan dapat membuat ikan mejadi tidak nyaman dan mengalami setres.

Selain itu, jika lampu aquarium di nyalakan terus menerus dapat mebuat pertumbuhan alga dalam aquarium menjadi meningkat. Yang pada akhirnya berdapak pada tampilan aquarium menjadi berwarna kekuningan atau kehijauaan. Untuk itu sangat di sarankan untuk tidak menyalakan lampu aquarium secara nonstop. Menurut pengalaman pribadi penggunaan lampu pada aquarium yang baik adalah sekitar 7-9 jam dalam sehari.

Bagikan

Tinggalkan komentar