Cara Menyatukan Ikan Cupang dalam Satu Wadah

IKANPEDIA – Ikan cupang atau Betta Splendens merupakan jenis ikan hias yang terkenal memiliki tingkat keagresifan tinggi. Sehingga tidak heran jika ikan jenis ini sering dijadikan sebagai ikan aduan atau petarung, dan hal itulah yang menjadi nilai plus bagi ikan cupang. Selain itu ikan cupang juga terkenal memiliki sirip serta ekor yang indah, sehingga ikan cupang juga cocok menjadi ikan hias dalam aquarium. Namun yang menjadi pertanyaan, apakah bisa menyatukan ikan cupang dengan ikan lain ?.

Menyatukan Ikan Cupang Dengan Ikan Lain

Pada beberapa kasus, seseorang ada yang berhasil meyatukan ikan cupang jantan dengan ikan hias lainnya dalam satu wadah aquarium. Untuk meningkatkan keberhasilan, pastikan aquarium memiliki cukup ruang. Serta sediakan pula tempat persembunyian berupa kayu apung, batu berbentuk goa, serta tanaman air.

Selain itu pastikan juga bahwa semua kebutuhan bagi ikan dalam aquarium benar-benar terpenuhi. Usahakan untuk tidak memilih ikan hias yang memiliki pergerakan lambat dan sirip yang panjang, karena dapat menarik perhatiann ikan cupang utuk menyerang.

1. Menyatukan Cupang Jantan dan Betina

Menyatukan ikan cupang jatan dengan cupang betina dalam satu wadah sangat mungkin untuk terjadi. Namun pastikan terlebih dulu bahwa cupang betina telah siap untuk kawin. Karena jika tidak, bisa jadi cupang jantan malah akan menyerang ikan betina hingga mati. Untuk itu pastikan terlebih dahulu bahwa cupang betina telah benar-benar siap kawin. Untuk caranya sendiri sudah ada pada artikel Cara Mengetahui Ikan Cupang Yang Siap kawin.

2. Menyatukan Ikan Cupang Sesama Gender

Untuk dapat menyatukan cupang jantan dengan cupang jantan lainya memiliki kemunginanya yang sangat kecil sekali. Karena jika mereka disatukan akan terjadi pertaruhan sengit hingga salah satu dari mereka mati. Pada beberapa kasus ditemui cupang jantan dapat disatukan dengan cupang jantan lainya, namun mereka telah dipersatukan sejak masih kecil dan itupun tidak menjamin mereka akan selalu akur dalam satu tempat yang sama. Untuk itu sangat tidak disarankan untuk menyatukan cupang jantan dengan cupang jantan lainnya.

Sedangkan untuk menyatukan ikan cupang yang sama-sama betina akan cenderung lebih mudah, karena pada dasarnya ikan cupang betina memiliki sifat yang tidak seagresif dengan cupang jantan. Namun meskipun begitu tidak menutup kemungkinan akan terjadi perselisihan antara sesama ikan cupang betina yang ada pada satu wadah yang sama.

Baca Juga : Perbedaan cupang hias dan cupang adu

Demikianlah pembahasan mengenai Aturan Menyatukan Ikan Cupang dalam Satu Wadah Yang Sama. Semoga anda bisa lebih memahami aturan mencampurkan ikan cupang dengan ikan hias lainya dengan baik dan benar. Semoga Bermanfaat.

Bagikan

Tinggalkan komentar