Cara Mengatasi Kayu Aquascape Berlendir

Salah satu kendala dalam merawat aquascape adalah munculnya lendir berwarna putih pada batang kayu. Selain dapat mengganggu keindahan dari aquascape, lendir pada kayu jika membiarkannya terlalu lama dapat memberikan dampak buruk pada air atau pada ekosistem yang ada dalam aquascape. Untuk itu segera lakukan tindakan jika menemui batang kayu yang berlendir pada aquascape milik anda.

Penyebab utama munculnya lendir pada kayu aquascape adalah adanya kandungan kambium atau tannin (getah) pada batang kayu. Tanin sendiri merupakan lapisan jaringan meristemik yang biasanya terdapat pada akar atau batang tumbuhan. Dan jika tannin masukan kedalam air maka akan terlihat seperti lendir putih yang menjijikkan. Lalu bagaimana mengatasinya ?, Sebenarnya untuk menghilangkan kandungan tanin yang tinggi pada batang kayu sangatlah gampang. Berikut ini merupakan cara untuk mengatasi lendir putih pada kayu.

Cara Mengatasi Kayu Aquascape Berlendir

Terdapat dua cara yang digunakan untuk menghilangkan lendir putih pada kayu aquascape, yaitu dengan cara perebusan dan memelihara ikan pemakan alga. Berikut penjelasannya,

Melakukan Perebusan Kayu

Sebelum anda memasukan batang kayu kedalam aquarium, alangkah baiknya anda merebus terlebih dahulu batang kayu untuk menghilangkan kandungan tannin pada kayu. Caranya adalah sebagai berikut,

  1. Cuci bersih batang kayu.
  2. Bersihkan akar atau batang pohon dari kulit menggunakan pisau (usahakan kupas kulit kayu sampai bersih).
  3. Cuci kembali akar atau batang kayu menggunakan ditergen dan sikat secara perlahan.
  4. Rebus batang atau akar kayu selama kurang lebih 2-3 jam. Usahakan dalam proses perebusan batang kayu benar-benar tenggelam.
  5. Kemudian jemur batang atau akar kayu dibawa sinar matahari sampai benar-benar kering
  6. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat melakukan perebusan dan penjemuran sebanyak 2 sampai 3 kali.

Baca Juga : 3 Cara Membuat Kayu Aquascape Tenggelam

Memelihara Ikan Pemakan Alga

Ikan pemakan alga
Gambar : aquasnack.co.uk

Jika anda tidak mau repot untuk melakukan proses perebusan batang kayu, anda dapat menggunakan hewan pemakan alga untuk mengatasi lendir putih pada kayu. Seperti ikan molly, otocinclus, SAE, RCS serta platy yang terkenal suka memakan tanin.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan bertahan lama, kmu dapat melakukan melakukan perebusan batang kayu terlebih dahulu lalu memberi ikan pemakan alga dalam aquascape. Selain itu anda juga diharuskan menguras aquascape secara rutin minimal 3 hari sekali sebanyak 30%.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengatasi Kayu Aquascape Berlendir. Semoga anda bisa lebih memahami mengenai Cara Mengatasi Kayu Aquascape Berlendir dengan baik dan benar. Semoga Bermanfaat.

Bagikan

Tinggalkan komentar