Cara Mengatasi Ikan Lele yang Mengambang

Ikan Lele Mengambang – Kesehatan ikan lele merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan kesuksesan dalam beternak lele. Didalam usaha ini tak jarang ditemui beberapa masalah yang dapat mempengaruhi hasil panen yang akan datang. Salah satu masalah yang terus menghantui para petani lele adalah munculnya penyakit yang dapat mengancam kelangsungan hidup ikan lele.

Beberapa penyakit yang sering terjadi pada ikan lele adalah penyakit bintik putih, kumis keriting, atau perut kembung. Namun kadang-kadang ada pula ikan lele yang memiliki prilaku aneh, yaitu ikan lele terlihat mengambang dan cenderung untuk tidak bergerak. Kejadian ini umumnya sering terjadi pada ikan lele yang masih muda dengan usia kurang dari 2 bulan.

Penyebab dari fenomena ini biasanya terjadi karena faktor air kolam yang memiliki pH asam cukup tinggi. Sedangkan ikan lele cenderung lebih cocok tinggal pada air dengan pH agak basa, agak asam ataupun netral. Apabila ikan lele hidup terlalu lama pada air yang memiliki pH asam yang tinggi, maka hal ini akan mempengaruhi metabolisme ikan sehingga ikan lele akan cenderung mengambang pada permukaan kolam. Jika hal ini terlalu lama terjadi, hal terburuknya adalah kematian masal pada ikan lele mungkin akan terjadi.

Faktor yang membuat air kolam menjadi asam

  1. Kotoran ikan lele, kotoran yang menumpuk pada dasar kolam akan membuat tingkat keasaman pada air kolam menjadi tinggi. Selain itu jika kotoran dibiarkan terlalu lama, kotoran lele akan memicu munculnya racun-racun seperti amoniak yang dapat berbahaya bagi ikan.
  2. Air hujan, hal yang mempengaruhi tingkat keasaman pada air hujan adalah gas-gas buangan kendaraan bermotor yang telah bercampur dengan molekul air. Jadi bagi para peternak yang tinggal diperkotaan dengan tingkat polusi yang tinggi akibat kendaraan bermotor, harap mewaspadai hal ini.

Cara mengatasi ikan lele yang mengambang

Jika ikan lele telah terlanjur mengambang, maka segera lakukan tindakan berikut ini untuk menghindari terjadinya kematian masal pada ikan.

  1. Gantilah air kolam secara berkala.
  2. Untuk menjaga keseimbagan pH, dapat juga menaburkan garam pada air kolam.
  3. Masalah tersebut tidak sepenuhnya terjadi akibat kualitas airnya saja, melainkan kesehatan ikan lele juga dapat mempengaruhinya. Dengan demikian segera pisahkan terlebih dahulu ikan yang mengambang dengan ikan lainnya.

Baca Juga : pH Air yang Baik Untuk Ikan Budidaya

Meskipun cara mengatasi ikan lele yang mengambang tergolong cukup mudah, namun alangkah baiknya para peternak untuk melakukan pencegahan sedari awal. Dengan cara menjaga kualitas air dalam kolam lele atau juga dapat menerapkan kolam organik dengan menanam alga-alga, yang membantu dalam menetralkan kandungan asam pada air kolam.

Bagikan

Tinggalkan komentar