Cara Memilih Bibit Ikan Gurame Untuk Dibudidaya

Memilih Bibit Ikan Gurame – Salah satu ikan air tawar yang memiliki potensi besar untuk dibudidayakan adalah ikan gurame. Ikan gurame sendiri merpakan jenis ikan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, mungkin karena ikan ini memiliki rasa daging yang enak dan tebal. Meskipun tergolong banyak peminatnya, namun nyatanya peterak dari ikan gurame sendiri masih sagat sedikit. Padahal ikan ini memiliki harga pasaran yang relative tinggi dan beranjak meningkat.

Salah satu kunci sukses dalam membudidayakan ikan gurame adalah pada saat pemilihan bibit yang berkualitas. Cara paling gampang dalam menemukan bibit ikan gurame yang sehat dan berkualitas adalah dengan melakukan pemijahan sendiri. Namun jika anda masih pemula dalam hal ini, anda dapat membeli bibit ikan gurame pada penjual ikan yang dipercaya, Hal ini bertujuan untuk mendapatkan bibit yang sehat dan berkualitas.

Tidak hanya itu saja, anda juga harus memperhatikan ciri-ciri bibit ikan gurame dengan teliti, supaya mendapatkan bibit ikan gurame yang sehat dan berkualitas. Berikut ini merupakan Cara Memilih Bibit Ikan Gurame Untuk Dibudidaya.

Cara Memilih Bibit Ikan Gurame

  1. Jika ada, belilah bibit ikan dari petani yang terpercaya.
  2. Benih gurame yang sehat biasanya memiliki gerakan yang aktif dan lincah.
  3. Umumnya pada siang hari ikan gurame akan terlihat bergerombol.
  4. Bibit gurame memiliki sisik yang mengkilap.
  5. Benih ikan bebas dari penyakit.
  6. Benih ikan gurame tidak tampak cacat.
  7. Usahakan cari bibit yang memiliki ukuran yang hampir sama. Hal ini bertujuan untuk memudahkan peternak untuk pemberian pakan serta memudahkan dalam perhitungan luas kolam.
  8. Belilah bibit ikan gurame yang memiliki umur lebih dari satu tahun dan memiliki bobot tubuh kurang lebih 100 gram / ekor. Dengan begitu untuk memperoleh ikan gurame yang siap untuk dikonsumsi dengan bobot sekitar 500 gram/ekor hanya membutuhkan waktu antara 6 – 7 bulan dengan tingkat kematian 20-30% saja.

Sebelum memasukan bibit ikan gurame kedalam kolam, pastikan terlebih dahulu bahwa kolam telah terhindar dari zat-zat berbahaya dan penyakit. Untuk menghindari hal tersebut, lakukanlah penaburan garam sebanyak 2 ons/m3 kedalam kolam.

Sebelum bibit ikan gurame benar-benar dimasukan kedalam kolam, sebaiknya benih terlebih dahulu diadaptasikan dengan lingkungan sekitar, supaya bibit ikan gurame tidak mengalami stres. Caranya dengan memasukan ikan gurame yang masih berada didalam plastik kedalam kolam, dan tunggu hingga plastik/wadah ikan gurame mengembun. Kemudian buka plastik dan masukan bibit ikan gurame secara perlahan kedalam kolam, Hal ini bertujuan untuk aadaptasi ikan dengan suhu air kolam.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Memilih Bibit Ikan Gurame Untuk Dibudidaya. Semoga anda bisa lebih memahami cara memilih bibit ikan gurame dengan baik dan benar. Semoga Bermanfaat.

Bagikan

Tinggalkan komentar