Ciri-Ciri Anak Ikan Louhan Yang Berkualitas

Ikan Louhan merupakan salah satu ikan hias yang populer, karena memiliki jenong besar yang merupakan ciri khasnya. Louhan sendiri merupakan ikan hibrida atau hasil dari persilangan jenis ikan lainnya, dan tidak dapat di temukan pada alam bebas. Karena memiliki popularitas cukup tinggi, membuat harga dari ikan ini tergolong cukup mahal.

Meskipun begitu, harga dari ikan louhan sangat di pengaruhi oleh kualitas dari ikan itu sendiri. Seperti bentuk tubuh, seberapa jenong yang di miliki serta motif mutiara sangat mempengaruhi harga nantinya. Untuk itu di perlukan ketelitian saat akan membeli ikan louhan.

Terlebih lagi jika ikan louhan yang akan di beli masih berukuran kecil, makan akan memerlukan ketelitian ekstra saat memilihnya. Karena ciri fisik dari ikan masih belum terlalu terlihat, dan cenderung sama antara ikan satu dan lainnya. Untuk itu berikut ini merupakan beberapa ciri anak ikan louhan yang baik dan berkualitas.

Cara Memilih Anak Ikan Louhan Berkualitas

Sama halnya dengan memilih ikan louhan yang telah dewasa, yaitu dengan memperhatikan beberapa hal. Seperti kualitas indukan ikan, ciri fisik, motif dan warna, serta keagresifan dari ikan. Namun ada beberapa hal penting yang perlu di perhatikan untuk mendapatkan anakan ikan louhan berkualitas dan bermutu :

  1. Pilih ikan louhan yang sehat dengan cara melihat tingkah laku yang lincah, dan tidak terdapat cacat pada fisiknya. selain itu jangan memilih ikan yang terdapat bercak-bercak putih atau jamur pada tubuhnya.
  2. Pilih louhan yang memiliki bentuk kepala lebar dan sudah terlihan jenong pada dahinya.
  3. Ikan louhan di katakan bagus jika motif mutiara pada tubuhnya terlihat penuh. Pilih anakan dengan ciri ini, meskipun mutiaranya berukura besar dan kecil.
  4. Pilih louhan yang memiliki postur tubuh yang ideal. Dimana bentuk yang ideal yaitu ikan memiliki bentuk tubuh agak bulat, tebal dan memanjanag.
  5. Pilih ikan yang memiliki garis marking hitam pekat dan membentang dari kepala hingga pangkal ekor. Selain itu semakin unik bentuk garis hitam tersebut, akan membuat kualitas louhan menjadi lebih baik.
  6. Ikan louhan berkualitas umumnya memiliki bentuk mata bulat dan berwarna merah pada kedua matanya.
  7. Pilih ikan yang memiliki fintail kaku, tidak layu, dan mengembang secara sempurna.
  8. Ikan louhan lebih di sukai jika memiliki tingkat keagresifan tinggi, untuk itu pilihlah ikan yang terlihat agresif. Caranya adalah dengan menempelkan telapak tangan pada dinding akuarium dan menggerakkannya, jika ikan terus mengikuti pergerakan tangan maka ikan tersebut dapat dikatakan agresif.

Baca Juga : Mengenal Ikan Lemon (Neolamprologus leleupi) Lebih Dekat

Ciri-ciri di atas merupakan ciri umum anakan ikan louhan yang berkualitas, dan tidak dapat di jadikan patokan utama. Karena setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Demikianlah pembahasan mengenai cara memilih ikan louhan berkualitas, semoga bermanfaat.

Bagikan

Tinggalkan komentar