7 Cara Memilih Indukan Ikan Cupang yang Berkualitas

Memilih Indukan Ikan Cupang – Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang cukup banyak memiliki penggemar di Indoesia. Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh ikan cupang adalah bentuk tubuh serta warnanya yang cantik. Selain itu ikan cupang juga terkenal memiliki tingkat keagresifan yang tinggi dalam beradu, sehingga hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta ikan cupang.

Dengan banyaknya penggemar ikan cupang di Indonesia, membuat peluang untuk membuddayakan ikan mungil ini sangatlah menjanjikan. Namun sebelum itu, salah satu hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah pemilihan indukan yang berkualitas. Karena hal tersebut nantinya akan sanngat menentukan kualitas dari bibit ikan cupang.

Baca Juga : 5 Perbedaan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Pada awal budidaya dapat dimulai dengan membeli dua atau tiga pasang ikan cupang yang masih muda, Dimana usahakan untuk mencari ikan yang memiliki gerakan aktif, tidak memiliki kecacatan serta warna tubuh yang cerah. Selain beberapa hal tersebut, adapun ciri-ciri indukan cupang yang berkualtas adalah sebagai berikut.

Memilih Indukan Cupang yang Berkualitas

Ikan Cupang Jantan

  1. Ikan cupang memiliki gerakan yang lincah, yang artinya ikan tersebut sehat.
  2. Usahakan cari ikan yang tidak memiliki kecacatan serta ikan berasal dari genotip yang baik.
  3. Ikan memiliki bentuk badan panjang serta ramping.
  4. Pada ikan jantan harus memiliki dasi yang lebih panjang dari cupang betina.
  5. Minimal ikan jantan harus memiliki usia setidaknya 5-6 bulan.
  6. Cupang memiliki ekor serta sirip yang panjang dan menyerupai kipas.
  7. Ikan jantan harus siap untuk dipijahkan. cirinya yaitu pada bagian badan dan insangnya muncul garis putih vertikal, pada bagian perut ikan membesar dan lunak, warna pada tubuhnya lebih cerah, kelamin pada cupang terlihat lebih menonjol, serta ikan bergerak lebih secara pasif.

Indukan Cupang Betina

  1. Ikan cupang memiliki gerakan yang lincah, yang artinya ikan tersebut sehat.
  2. Usahakan cari ikan yang tidak memiliki kecacatan serta ikan berasal dari genotip yang baik.
  3. Warna cupang betina tidak secerah jantan.
  4. Memiliki badan yang pendek serta gemuk.
  5. Minimal ikan betina harus memiliki usia setidaknya 4-6 bulan.
  6. Memiliki ekor yang mengembang.
  7. Ikan betina harus siap untuk dipijahkan. Cirinya yaitu pada bagian warna tubuhnnya terlihat lebih cerah, memiliki geraakan yang lebih agrasif, serta biasanya ikan betina akan terlihat mengumpulkan busa untuk media penempelan telur nantinya.

Baca Juga : Mencerahkan Warna Ikan Cupang Menjadi lebih Cantik

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Memilih Indukan Ikan Cupang yang Bagus dan Berkualitas. Semoga anda bisa lebih memahami Cara untuk memilih indukan ikan cupang dengan baik dan benar. Semoga Bermanfaat.

Bagikan

Tinggalkan komentar