6 Cara Cepat Memanjangkan Ekor Ikan Cupang

Memanjangkan Ekor Ikan Cupang – Ikan cupang (Betta Splendens ) Merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki bentuk yang cantik terutama pada bagian sirip, dasi serta ekornya. Namun pada dasarnya ikan cupang sendiri terbagi menjadi 2 golongan, yaitu ikan cupang hias serta ikan cuapng adu. Yang dapat dikenali dengan melihat ciri-cirinya yang sudah pernah kami bahas sebelumnya pada artikel Perbedaan cupang hias dan cupang adu.

Untuk bisa membuat ikan cupang memiliki bentuk dan warna yang cantik, pemilik harus bisa melakukan perawatan dan pemeliharaan yang benar dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Karena ekor pada ikan cupang sendiri juga dapat mengalami kerusakan akibat beberapa faktor antara lain, ikan saling beradu, terkena goresan tangan pemilik, serta ikan memakan ekornya sendiri karena kelaparan.

Untuk ikan cupang yang mengalami kerusakan pada bagian ekornya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik untuk bisa memulihkan kembali ekor ikan cupang yang rusak.

Cara Memanjangkan Ekor Ikan Cupang Yang Rusak

Melakukan Pengantian Air

Melakukan penggantian air setiap hari merupakan salah satu hal yang harus dilakukan untuk bisa memanjangkan kembali ekor ikan cupang. Karena air bersih sendiri dapat membantu mempercepat pertumbuhan ekor ikan cupang dengan sendirinya. Kamu dapat mengganti sebagain air atau semua air yang ada dalam akuarium cupang.

Gunakan Daun Ketapang

Tempatkan beberapa lembar daun ketapang kering dalam akuarium. Daun ketapang sendiri berfungsi sebagai antibotik alami bagi ikan cupang, guna membantu menyembuhkan bekas luka pada ekor yang robek. Air yang diberi daun ketapang akan berubah warnanya menjadi kekuningngan dan membuat kondisi PH dalam aquarium menjadi setabil

Beri Garam Ikan

Berikan garam ikan dengan takaran 10 gram garam unntuk setiap 1 liter air. Garam ikan sendiri berfungsi sebagai penyeimbang osmosis pada tubuh ikan cupang, yangmana hal tersebut dapat membantu dalam proses penyembuhan luka pada ikan cupang. Namun perhatikaan saat akan memberi garam kedalam aquarium,jangan memberikan terlalu banyak karena dosis pada garam ikan sangat tinggi dan dapat membahayakan ikan cupang.

Beri Makanan yang Bergizi

Berikan makanan yang teratur dan bermutu tinnggi (Bergizi) seperti jentik nyamuk serta kutu air. Selain untuk menghindari ikan cupang kembali memakan ekornya, pemberian pakan yang bergizi secara tidak langsung akan membatu pertumbuhan ekor pada ikan cupang yang rusak.

Untuk proses penyembuhan sendiri biasanya berlangsung selama 1-2 minggu tergantung dengan tinggat kerusakan ekor pada ikan cupang. Namun bagi ikan cupang yang mengalami patah tulang sirip, penyembuhannya bisa berlangsung selama beberapa bulan.

Selain menggunakan cara-cara alami tersebut, kamu juga dapat menggunakan obat metil biru untuk memperccepat proses penyembuhan ekor ikan cupang. Demikianlah pembahasan mengenai Cara Memanjangkan Ekor Ikan Cupang dengan cepat. Semoga anda bisa terbantu dengan adanya artikel ini. Semoga Bermanfaat.

Bagikan

Tinggalkan komentar