3 Cara Membuat Kayu Aquascape Tenggelam

Salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dari aquascape adalah kehadiran kayu sebagai penghias didalamnya. Meskipun demikian ternyata masih banyak orang khususnya pemula yang menanyakan bagaimana cara untuk membuat kayu aquascape tenggelam. Meskipun terdengar sepele, namun pada kenyataannya masih banyak orang yang mengalami kesulitan dengan masalah ini.

Cara Membuat Kayu Aquascape Tenggelam

Metode ini merupakan salah satu metode yang paling sering digunakan, yaitu melakukan perebusan kayu. Selain berfungsi untuk meneggelamkan kayu didalam air, perebusan kayu juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kandungan tanin didalam kayu. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Cuci bersih batang kayu.
  2. Bersihkan akar atau batang pohon dari kulit menggunakan pisau (usahakan kupas kulit kayu sampai bersih).
  3. Cuci kembali akar atau batang kayu menggunakan ditergen dan sikat secara perlahan.
  4. Rebus batang atau akar kayu selama kurang lebih 2-3 jam. Usahakan dalam roses perebusan batang kayu benar-benar tenggelam.
  5. Kemudian jemur batang atau akar kayu dibawa sinar matahari sampai benar-benar kering.

Merendam kayu setelah direbus

Setelah melakukan perebusan pada kayu, selanjutnya masukanlah batang kayu kedalam air dengan diberi pemberat berupa batu atau besi selama kurang lebih 2-3 minggu. Dimana semakin lama kayu direndam, maka hasilnya juga akan semakin memuaskan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kayu Aquascape Berlendir

Mengikat kayu

jika kamu malas untuk melakukan perebusan kayu, kamu dapat menggunakan metode pengikatan dengan cara mengikat batang kayu menggunakan benda pemberat seperti batu, besi atau yang lainya dan diamkan selama kurang lebih 1 bulan. Secara perlahan kayu akan tenggelam secara sendirinya

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Membuat Kayu Aquascape Tenggelam. Dari beberapa metode diatas saya sangat menyerankan menggunakan cara perebusan kayu saja karena sudah terbukti keberhasilannya. Semoga Bermanfaat.

Bagikan

Tinggalkan komentar